Selasa, 18 Desember 2018

14 Kebiasaan Tanpa Sadar Yang Dapat Bikin Sakit Punggung

Anda harus memperhatikan rutinitas Anda sehari-hari, mungkin saja terdapat rutinitas atau kebiasaan yang menjadikan efek jelek pada punggung.

Sakit atau nyeri punggung tentunya sangat tidak mengenakan, yang menciptakan Anda kesulitan dalam menjalankan acara sehari-hari.

 Anda harus memperhatikan rutinitas Anda sehari 14 Kebiasaan Tanpa Sadar yang Bisa Bikin Sakit Punggung
Photo credit: Istockphoto.com / Paul Bradbury

Langsung saja, berikut kebiasaan-kebiasaan yang memicu sakit punggung:

1. Duduk dalam Waktu Lama

Mungkin memang kiprah atau pekerjaan Anda sangat padat/menumpuk, namun perlu diketahui bahwa terlalu usang duduk di depan meja kerja bisa menimbulkan nyeri pada punggung.

Sakit punggung sanggup terjadi tanggapan bekerja berjam-jam dalam posisi duduk tanpa adanya istirahat, berdiri, berjalan atau gerakan lainnya.

Duduk berjam-jam akan menekan punggung bawah yang cukup berat.

Dengan begitu, pastikan Anda jangan lupa beristirahat ataupun melaksanakan gerakan peregangan di sela-sela bekerja di kantor.

2. Posisi Tidur yang Salah

Salah posisi tidur berdampak jelek pada kondisi tulang punggung Anda, tanggapan adanya tekanan yang cukup berat pada lengkungan tulang belakang dan juga leher.

Posisi tidur dengan gaya meringkuk dengan lutut ditarik ke atas (seperti tidur janin di dalam kandungan) mungkin dianggap nyaman, akan tetapi posisi tidur ibarat ini menimbulkan tulang belakang cenderung melengkung dan juga bisa menimbulkan duduk masalah pada kaki.

Adapun tidur telungkup akan mendorong pinggul belakang, hal ini bisa memicu kelengkungan punggung bawah sehingga perlu dihindari.

Tidur telentang terus-menerus juga bisa menciptakan punggung penggalan bawah melengkung, ini apabila kondisi kasur sudah kurang baik.

Hindari posisi tidur meringkuk dan telungkup, kemudian gunakan bantal dengan ketinggian yang sedang (jangan terlalu tinggi), serta hindari memakai dua tumpuk bantal. Ini penting untuk mencegah ketegangan pada leher.


3. Posisi Duduk Membungkuk

Anda yang sering duduk dengan posisi membungkuk sangat rentan mengalami nyeri punggung, dimana lekukan pada tulang belakang tidak lagi normal.

Dampak jelek lainnya yakni bisa merusak piringan sendi tubuh. Selain duduk membungkuk, bejalan dengan posisi membungkuk juga tidak baik bagi punggung.

4. Malas Olahraga atau Bergerak

Seseorang yang malas berolahraga akan gampang terkena sakit punggung. Pastikan Anda melaksanakan kegiatan fisik yang cukup dalam sehari-haei untuk menghindari sakit punggung.

5. Merokok

Zat-zat berbahaya dalam rokok bisa merusak tulang belakang Anda. Merokok akan meningkatkan resiko sakit punggung sebab zat nikotin dalam rokok menghambat ajaran darah normal di sekitar tulang belakang dan tubuh secara umum.

Hal itu nantinya berdampak jelek pada tulang dan menimbulkan degenerasi dini. Merokok juga menimbulkan menurunnya kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi yang dibutuhkan.

6. Terlalu Sering Mengangkat Benda Berat

Jika Anda sering membawa tas berat atau benda lainnya, maka usahakan biar beratnya diminimalisir.

Hal itu sebab terlalu sering mengangkat atau membawa benda berat menimbulkan tekanan pada tulang punggung secara berlebih, yang nantinya memicu rasa nyeri.

7. Menggunakan High Heels

Menggunakan high hells menjadikan rasa pegal atau lecet di kaki. Selain itu juga, penggunaan sepatu hak tinggi dalam waktu usang bisa menimbulkan sakit punggung penggalan bawah.

loading...

8. Latihan Angkat Beban Secara Berlebihan

Latihan angkat beban memang bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang (termasuk tulang belakang) serta memperkuat otot-otot tubuh.

Hanya saja kalau olahraga angkat beban dilakukan secara berlebihan akan berdampak jelek pada punggung.

Oleh sebab itu, walaupun latihan angkat beban mempunyai manfaat besar tapi jangan memaksakan diri (berlebihan).

9. Kurang Waktu Istirahat

Punggung tolong-menolong sangat penting untuk diistirahatkan, sehingga Anda harus memenuhi waktu tidur dan istirahat yang cukup, kalau tidak maka akan berdampak jelek pada kondisi punggung Anda.

10. Pekerjaan yang Sangat Membebankan Mental

Pekerjaan tertentu yang bisa hingga memeberatkan pikiran Anda sehingga memicu stres, ternyata berdampak jelek pada kondisi fisik tubuh, termasuk punggung.

Seseorang yang terlalu usang menjalani pekerjaan yang menguras mental dan pikiran, akan lebih rentan terkena duduk masalah sakit punggung.

11. Melakukan Pekerjaan yang Tak Disukai

Penelitian oleh para ilmuwan di Australia menemukan bahwa orang-orang yang kurang/tidak menyukai pekerjaan yang sedang dijalaninya mengalami resiko lebih besar terkena sakit punggung. Ilmuwan menjelaskan bahwa rasa sakit punggung tersebut murni sebab faktor psikologis.

12. Malas Menenuhi Asupan Kalsium

Kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang, Anda harus memenuhinya sesuai dengan AKG (angka kecukupukan gizi harian).

Dampak dari kekurangan asupan kalsium yakni menimbulkan tubuh terpaksa untuk mengambil kalsium yang tersimpan di tulang. Hal ini menimbulkan tulang melemah, termasuk tulang penggalan belakang.


13. Jajan/Makan Sembarangan

Tubuh memerlukan aneka macam nutrisi penting. Jika Anda mengonsumsi makanan yang kurang sehat dan rendah gizi akan menimbulkan beberapa duduk masalah yaitu:
  • Petumbuhan tulang tidak berlajalan dengan baik.
  • Terjadi penambahan berat tubuh tidak sehat (kegemukan).

Jika Anda jajan sembarangan maka kemungkinan besar Anda akan mengonsumsi makanan rendah gizi dan tinggi kalori.

Asupan kalori yang sangat tinggi menimbulkan seseorang mengalami kegemukan, yang menimbulkan tekanan pada tulang sekitar punggung juga akan bertambah. Hal ini akan meningkatkan resiko sakit punggung.

14. Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Obat-obatan tertentu bisa melemahkan tulang, diantaranya yang paling umum yakni steroid. Mengonsumsi obat steroid dalam waktu usang berdampak pada tulang, termasuk tulang belakang.